Contoh aplikasi berbasis client (client-side)

Posted: Mei 3, 2010 in komputer

Sebuah contoh dari aplikasi client/server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau PHP.

Kelebihan

  • Penanganan error yang lebih cepat karena tanpa harus mengirim data yang harus diperiksa. Seperti contohnya : Melakukan pengecekan nama atau password tidak boleh kosong, dan sebagainnya.
  • Memperingan kerja server, karena proses dilakukan di komputer client, maka kerja dari serverpun menjadi lebih ringan karena tidak memerlukan request terus-menerus untuk melakukan pengecekan.

Kekurangan

  • Script yang dapat dilihat karena letaknya di sisi client, sehingga pengguna dapat melihat susunan script dengan menggunakan perintah CTRL + U pada keyboard.
  • Script yang dapat disabled, kekurangan yang paling mendasar menggunakan client side scripting adalah scriptnya yang dapat di disabled dengan menggunakan fitur pada browser.
  • Tidak dapat mengakses database secara langsung.

Adapun keterangan singkatnya sebagai berikut :

Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien. Klien-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.

Klien-server atau client-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang   merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

Komentar
  1. rap mengatakan:

    thanks infonya

  2. ryu mengatakan:

    makasih bos dah mau sharing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s